CT: Saya Terpaksa Jadi Pengusaha

Klik mage

Salah satu orang terkaya Indonesia versi Majalah Forbes, Chairul Tanjung, mengaku terpaksa berbisnis untuk dapat bertahan hidup dan melanjutkan kuliah secara mandiri.

Untuk kegiatan bisnis itu, Chairul menyebut ada tiga tipe pengusaha. Pertama, menjadi pengusaha karena melihat adanya kesempatan, kedua, ada yang menjadi pengusaha karena bapaknya pengusaha, dan ketiga, ada yang terpaksa menjadi pengusaha.

“Saya termasuk yang tipe terpaksa menjadi pengusaha. Kalau tidak menjadi pengusaha, saya tidak bisa sekolah, tidak bisa kuliah,” kata Chairul dalam acara Sharing and Book Signing“Chairul Tanjung Si Anak Singkong” di Jakarta, Senin 2 Juli 2012.

Menurut CT, panggilan akrabnya, untuk memulai usaha bisa dari sektor informal terlebih dahulu. Untuk memulai, tidak perlu rencana jangka panjang, cukup mulai sekarang juga.

Ia mengaku bahwa untuk memulai usaha pertama kali adalah hal tersulit yang harus dilakukan seorang pengusaha. Namun, jika telah berjalan, ke depan akan lebih mudah.

Just do it, lakukan saja. Jangan pernah berpikir nanti bagaimana. Lakukan apa yang bisa Anda lakukan. Kalau hanya memikirkan nanti gimana-gimana, maka kebanyakan plan-nya. Ada peluang, samber,” katanya.

Setelah usaha berjalan, CT melanjutkan, jangan lagi menggerakkan roda usaha denganfeeling, karena bisa saja salah. Jika roda usaha sudah mulai membesar, cara berpikir sudah mulai berbeda, sehingga ia menganjurkan untuk belajar mengenai ekonomi makro.

Ilmu ekonomi makro, dia menambahkan, akan berguna untuk kelangsungan bisnis. Ia mencontohkan apa yang terjadi di ekonomi global, maka akan berdampak langsung dengan perekonomian Indonesia. “Passion dalam memulai usaha itu penting, namun tidak cukup bermodalkan itu,” katanya.

This entry was posted in Motivasi and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s