Minuman Yang Bikin Awet Muda

VIVALife – Bukan hanya sayur dan buah yang bisa memberikan keajaiban untuk kulit agar senantiasa awet muda. Minuman yang Anda konsumsi sehari-hari, juga bisa bermanfaat meremajakan kulit.

Bukan hanya air putih, minuman seperti kopi, teh, susu, juga cokelat panas mampu mencegah terjadinya penuaan dini.

Seperti dikutip laman Shine, Sabtu, 28 Juli 2012, seorang dermatolog di Mount Kisco, New York, David E. Bank, MD mengungkapkan bahwa minum air putih bukan hanya bermanfaat mengusir rasa haus. Konsumsi air putih secara teratur juga mampu melembabkan dan mempercantik kulit.

“Menjaga kadar hidrasi dalam tubuh dengan mengkonsumsi banyak air putih bisa membuat kulit Anda tampak lebih berkilau. Air putih sangat baik diminum saat alarm berbunyi, saat bangun tidur, dan sebelum tidur,” katanya.

Ingin tahu lebih jauh soal manfaat minuman lainnya yang bisa membuat kulit awet muda, simak yang berikut ini:

KOPI

Berbicara mengenai kopi, banyak orang yang masih berpendapat bahwa kopi buruk bagi kesehatan. Sebenarnya hal itu tidak sepenuhnya benar. Kopi, asalkan dikonsumsi secara bijak, sebenarnya justru bermanfaat bagi kesehatan.

Menurut Harvard Women’s Health, konsumsi kopi beberapa cangkir sehari dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2, pembentukan batu ginjal, kanker usus besar, penyakit parkinson, kerusakan fungsi hati (sirosis), penyakit jantung serta menghambat penurunan daya kognitif otak. Menikmati secangkir kopi, akan lebih baik jika dilakukan pada saat sarapan.

GREEN TEA

Penuaan dini bisa disebabkan oleh radikal bebas. Pemicu datangnya radikal bebas ini masuk ke dalam tubuh kita karena sering merokok, radiasi sinar matahari, dan polusi. Antioksidan merupakan zat yang dikenal sebagai musuh penuaan. Ia diibaratkan senjata yang mampu melawan musuh tubuh sehingga melindungi kita dari kerusakan sel dan jaringan tubuh.

Sebenarnya tubuh kita telah memiliki antioksidan alami yang melumpuhkan radikal bebas tersebut yang dikenal dengan enzim SOD (Super Oksida Dismutase) dan glutathione. Namun sayangnya, seiring bertambahnya usia, tubuh memerlukan antioksidan dari luar tubuh, yang dapat kita peroleh melalui makanan yang mengandung vitamin E, Vitamin C, dan beta karoten (prekursor Vitamin A).

Selain vitamin-vitamin tersebut, antioksidan lain yang terbukti ampuh melawan radikal bebas yaitu polyphenol, yang bisa kita dapatkan dari secangkir teh hijau. Hasil studi di Jepang terhadap 8.500 orang telah membuktikan bahwa konsumsi teh hijau jangka panjang dapat meningkatkan usia hingga 82 tahun pada wanita dan 76 tahun pada pria.

COKELAT PANAS

Secangkir cokelat panas tak hanya nikmat tapi juga bikin awet muda. Sebab cokelat  merupakan sumber antioksidan yang populer saat ini, yaitu flavonoidFlavonoid juga dapat ditemukan dalam teh dan anggur merah.

Flavonoid berfungsi sebagai pelindung kulit terhadap sinar matahari dan peradangan. Zat ini juga menghambat penuaan kulit serta dapat menjaga kesehatan jantung.

RED WINE

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari Harvard Medical School membuktikan bahwa anggur merah atau red wine berkhasiat membuat kulit dan otot tetap awet muda. Selama ini, mengkonsumsi red wine memang dipercaya ampuh menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Namun ternyata red wine memiliki khasiat yang lain, yaitu membuat peminumnya tetap awet muda.

Sebuah senyawa yang disebut pada resveratrol (yang juga terdapat pada buah anggur merah) terbukti ampuh dalam memberi stimulasi pada gen dan membuat sel-sel tubuh bertahan lebih lama. Para ahli medis pun menyimpulkan bahwa mengonsumsi red winesecara teratur mampu membuat kulit dan otot menjadi tampak lebih muda dan segar.

SUSU

Susu, bukan hanya baik diminum sebelum Anda tidur. Dan, selain alasan kesehatan, susu menjadi salah satu sumber kecantikan bagi wanita. Ratu Mesir, Cleopatra, adalah salah satu wanita cantik yang menggunakan susu sebagai bahan kencantikannya. Para wanita Yunani juga telah lama dikenal menggunakan yoghurt sebagai bahan kecantikan.

Tak heran, berbagai jenis perawatan wajah dan tubuh menawarkan kandungan susu untuk mempertahankan awet muda dan kecantikan alami.

Susu dapat digunakan untuk mengobati luka bakar karena adanya sifat anti-inflamasi. Susu juga mengandung vitamin A, D, E yang merupakan vitamin yang diperlukan untuk membuat kulit awet muda.

This entry was posted in Info and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s